Senin, 04 Juni 2012

Penggunaan Facebook Sebagai Cara Mendapatkan Dukungan Sosial


Sejarah Facebook
Asal mula Facebook berawal ketika Mark Zuckerberg (saat itu mahasiswa semester II Harvard University) membuat sebuah situs kontak jodoh untuk rekan-rekan kampusnya. Zuckerberg yang terinspirasi dari situs Hot or Not menamai situs buatannya Facemash.com. Metode situs ini yaitu menampilkan dua foto pasangan (pria dan wanita), di mana selanjutnya dua pasangan ini akan dipilih oleh para anggota situs mana pasangan yang paling “hot”. Nah, untuk menampilkan foto-foto pasangan di situs ini, Zuckerberg berupaya dengan segala cara mencari foto-foto rekannya dengan cara keliling ‘door-to-door’ untuk meminta foto.
Facebook diluncurkan pertama kali pada tanggal 4 Februari 2004 oleh Mark Zuckerberg sebagai media untuk saling mengenal bagi para mahasiswa Harvard.
Dalam waktu dua minggu setelah diluncurkan, separuh dari semua mahasiswa Harvard telah mendaftar dan memiliki account di Facebook. Tak hanya itu, beberapa kampus lain di sekitar Harvard pun meminta untuk dimasukkan dalam jaringan Facebook. Zuckerberg pun akhirnya meminta bantuan dua temannya untuk membantu mengembangkan Facebook dan memenuhi permintaan kampus-kampus lain untuk bergabung dalam jaringannya. Dalam waktu 4 bulan semenjak diluncurkan, Facebook telah memiliki 30 kampus dalam jaringannya.
Dengan kesuksesannya tersebut, Zuckerberg beserta dua orang temannya memutuskan untuk pindah ke Palo Alto dan menyewa apartemen di sana.
Setelah beberapa minggu di Palo Alto. Zuckerberg berhasil bertemu dengan Sean Parker (cofounder Napster), dan dari hasil pertemuan tersebut Parker pun setuju pindah ke apartemen Facebook untuk bekerja sama mengembangkan Facebook. Tidak lama setelah itu, Parker berhasil mendapatkan Peter Thiel (cofounder Paypal) sebagai investor pertamanya. Thiel menginvestasikan 500 ribu US Dollar untuk pengembangan Facebook.
Jumlah account di Facebook terus melonjak, sehingga pada pertengahan 2004 Friendster mengajukan tawaran kepada Zuckerberg untuk membeli Facebook seharga 10 juta US Dollar, dan Zuckerberg pun menolaknya. Zuckerberg sama sekali tidak menyesal menolak tawaran tersebut sebab tak lama setelah itu Facebook menerima sokongan dana lagi sebesar 12.7 juta US Dollar dari Accel Partners. Dan semenjak itu sokongan dana dari berbagai investor terus mengalir untuk pengembangan Facebook.
Pada September 2005 Facebook tidak lagi membatasi jaringannya hanya untuk mahasiswa., Facebook pun membuka jaringannya untuk para siswa SMU. Beberapa waktu kemudian Facebook juga membuka jaringannya untuk para pekerja kantoran. Dan akhirnya pada September 2006 Facebook membuka pendaftaran untuk siapa saja yang memiliki alamat e-mail.
Selain menolak tawaran dari Friendster seharga 10 juta US Dollar, Zuckerberg juga pernah menolak tawaran dari Viacom yang ingin membeli Facebook seharga 750 juta US Dollar, dan tawaran dari Yahoo yang ingin membeli Facebook seharga 1 milyar US Dollar.
Tidak ada situs jejaring sosial lain yang mampu menandingi daya tarik Facebook terhadap user. Pada tahun 2007, terdapat penambahan 200 ribu account baru perharinya Lebih dari 25 juta user aktif menggunakan Facebook setiap harinya. Rata-rata user menghabiskan waktu sekitar 19 menit perhari untuk melakukan berbagai aktifitas di Facebook.
Facebook atau yang lebih dikenal dengan FB adalah sebuah situs di internet untuk menjalin hubungan atau jejaring antar manusia di suluruh dunia. . Facebook dibuat Mark Zuckerberg dari AS pada tahun 2004 namun masih untuk kalangan terbatas. Baru mulai 2006 facebook populer diseluruh dunia.
Facebook di anjurkan untuk remaja di atas 17 tahun. Walaupun demikian, anak jaman sekarang telah memiliki facebook dan tetap menggunakannya sebagai sarana komunikasi yang modern Ada pengguna facebook yang mengatakan bahwa facebook sangat bermanfaat bagi semua orang dalam bersosialisasi. Contohnya bergabung pada kelompok belajar yang ada di facebook. Ada pula juga yang bukan merupakan pengguna facebook mengatakan bahwa facebook sama sekali tidak bermanfaat dan membuang waktu saja. Di sini arti dari membuang waktu saja adalah daripada ber-facebook-an sebaiknya kita gunakan waktu untuk belajar karena belajar sangat penting daripada facebook-an. Arti dari tidak bermanfaat adalah banyak orang yang menggunakan facebook hanya untuk mencari teman baru sebanyak-banyaknya dan mengedit foto.
Jika ditela'ah lebih dalam maka masih ada banyak kerugian yang dialami pelajar dalam mereka bermain facebook, diantaranya dapat berkurangnya waktu belajar, boros, menyebarnya data pribadi, rawan perselisihan, berbau pornografi, rawan penyakit, kecanduan pada dunia maya, rawan penipuan. Facebook juga punya banyak dampak negatif, yang paling mencolok ialah mengurangi konsentrasi mereka dalam hal pembelajaran, banyak sekarang yang saat pelajaran, justru malah Online Facebook, walau hanya sekedar baca status orang, update status, atau saling nge-wall. Jika ditela'ah lebih dalam maka masih ada banyak kerugian yang dialami pelajar dalam mereka bermain facebook, diantaranya :

1. Berkurangnya waktu belajar, dikarenakan sibuk terlalu lama bermain facebook diwarnet ataupun dirumah.

2. Boros, seringnya bermain facebook, baik itu di warnet atau dirumah tetap saja menguras uang yang tidak sedikit apalagi untuk pengguna facebook yang mengakses facebooknya via hape, pulsa yang terkurang tentu saja tidak sedikit.

3. Menyebarnya data pribadi, data pribadi dalam info facebook, biasanya teramat sangt detail sehingga mampu diketahui banyak orang yang juga pengguna Facebook.

4. Rawan perselisihan, facebook tak hanya menjadi diary online bagi sebagian remaja, tapi juga menjadi tempat meluapkan emosi, dengan mengejek orang di facebook, mencaci maki orang, bahkan membuat group untuk memojokan seseorang. ini mempunyai dampak yang sangat negatif.

5. Berbau pornografi, dikalangan remaja tentu hal yang berbau pornografi teramat sering diakses, tak terkecuali di facebook, terdapat juga beberapa remaja yang entah foto asli atau bukan, menampangkan foto-foto yang berbau mesum, atau mengumbar aurat, yang tentu saja dapat menjadi virus bagi remaja itu sendiri.

6. Rawan penyakit, terlalu lama ada di depan komputer tentu saja sangat tidak baik untuk kesehatan kita semua, bahaya yang paling berbahaya adalah gangguan pada alat penglihatan.

7. Kecanduan pada dunia maya, tidak mengakses facebook dalam satu hari untuk kalangan facebookers tentunya menjadi hal yang menyiksa.

8. Rawan penipuan, sudah marak beredar ditelevisi kasus penipuan yang bersindikat di facebook, bahkan juga ada kasus penculikan ABG di facebook, dan tak ketinggalan kasus prostitusi juga bisa berjalan menggunakan facebook.

Demam Facebook pun ikut melanda pengguna internet di Indonesia. Menurut data yang dilansir checkfacebook.com, pengguna Facebook di Tanah Air mencapai angka nyaris 12 juta, tepatnya sekitar 11.759.980 user (data November 2009). Tentu ada alasan tersendiri mengapa ada begitu banyak orang yang terbius dengan pesona situs jejaring sosial yang satu ini. Salah satunya adalah karena sifatnya yang interaktif, misalnya memungkinkan orang berinteraksi satu sama lain baik melalui fitur wall (pesan di dinding) maupun melalui fasilitas chatting. Bukan hanya sebatas wadah pertemanan di dunia maya, Facebook juga dapat menjadi sarana untuk menggalang massa. Sebab, sangat mudah membuat maupun bergabung dengan suatu grup tertentu.
  Di era keterbukaan informasi, situs jejaring sosial seperti facebook menjadi media paling ampuh, selain kita bisa mendaftarkan diri dan mencari teman sebanyak banyaknya juga untuk membentuk opini public sehingga banyak orang berjuang demi kepentingan rakyat melalui dunia maya hingga penggunaan facebook sebagai cara untuk mendapatkan dukungan sosial. Gelombang dukungan untuk membentuk opini public atau isu isu masyarakat yang berkembang didunia maya kini mulai dikenal dan marak sejak pemilihan presiden Amerika Serikat 2008, facebook akhirnya menjadi salah satu factor yang mengantar Barack Obama mencapai kursi kepresidenan. Kunci sukses gerakan sosial melalui situs jejaring sosial seperti facebook adalah sesuatu yang mengangkat isu kepentingan public, misalnya tentang pemberantasan korupsi, perubahan iklim, isu politik, atau pendidikan.

Facebook Sebagai Cara Mendapatkan Dukungan Sosial
Di tahun 2009, ada begitu banyak gerakan sosial yang digaungkan melalui Facebook dan sukses mendulang simpati publik di Indonesia. Diantaranya :
1.     Dukungan bagi Prita Mulyasari. Tentu masih segar di ingatan kita gerakan Facebooker di bulan Juni 2009 yang mendukung pembebasan Prita Mulyasari, salah seorang pasien Rumah Sakit OMNI yang dipenjara karena curhat dengan teman-temannya melalui e-mail padahal apa yang dilakukan Prita adalah keluh kesah karena mendapat pelayanan yang tidak memuaskan dari Rumah Sakit OMNI Internasional. Prita yang dituding telah melakukan pencemaran nama baik terhadap RS OMNI, rupanya menarik simpati banyak orang. Perjuangan grup 'DUKUNGAN BAGI IBU PRITA MULYASARI, PENULIS SURAT KELUHAN MELALUI INTERNET YANG DIPENJARA' terus berlanjut tatkala Pengadilan Tinggi Banten mengharuskan ibu dua anak itu membayar denda Rp204juta. Vonis denda itu membuahkan grup dan gerakan yang lebih fresh bertajuk 'Koin untuk Prita'. Hasilnya gemilang, banyak masyarakat yang tersentuh dan bergabung dengan grup ini lalu mengumpulkan koin untuk membantu Prita. Gerakan ini membuat Bahkan pihak RS OMNI pun berniat mencabut gugatan perdatanya terhadap Prita Mulyasari.

2.   Gerakan yang sama dengan Koin Peduli Prita adalah Koin Cinta Bilqis. Bilqis Anindya Passa anak dari Donny Ardianta Passa (33) dan Dewi Farida (37) sempat putus harapan, pasalnya anak mereka Bilqis menderita penyakit Atresia Bilier. Operasi transplantasi yang akan dilakukan diluar negeri tersebut membutuhkan biaya yang jauh dari jangkauan mereka. Kemudian terinspirasi dengan Koin Peduli Prita mereka pun menggalang dana melalui situs jejaring sosial, Facebook.

3.  Gerakan yang juga menggeliat di Facebook adalah 'Gerakan 1.000.000 Facebookers Dukung Chandra Hamzah & Bibit Samad Riyanto' yang diinisiasi Usman Yasin. Dukungan terhadap grup ini pun luber. Melalui grup ini Facebooker menentang penahanan Bibit dan Chandra karena berkeyakinan keduanya tidak bersalah. Simpati masyarakat terhadap kedua pimpinan badan pemberantasan korupsi ini pun kian tinggi. Sebaliknya, sentimen negatif masyarakat terhadap aparat kepolisian kian meluas. Perjuangan para Facebooker ini berbuah manis, yakni dibebaskannya kedua pimpinan KPK tersebut. Kasus penangkapan dua petinggi non aktif komisi pemberantasan korupsi (KPK) Chandra Hamzah dan Bibit Samad Rianto, mendapatkan dukungan moral via online facebook karena merasa memiliki rasa keprihatinan yang sama dan ada 1,3 juta orang yang bergabung dalam akun tersebut. Pengguna facebook membuat akun “Gerakan satu juta facebookers dukung Chandra Hamzah dan Bibit Samad Rianto” di situs itu. Fenomena itu bisa terjadi karena situs jejaring sosial semacam facebook memang memiliki penggemar yang jumlahnya tidak terbatas (selalu bertambah).

4.  Gerakan sosial lain yang 'membonceng' Facebook adalah grup yang menyampaikan kekecewaannya terhadap Perusahaan Listrik Negara (PLN) akibat aksi pemadaman listrik yang terjadi di Jakarta beberapa waktu lalu. Grup bernama 'PLN oh PLN' ini memberikan julukan baru bagi PLN, yakni 'Perusahaan Lilin Negara'. Namun gaung dari kelompok yang satu ini tidak seriuh kelompok Prita maupun Bibit-Chandra.

5.  Belakangan, muncul juga gerakan 'Turunkan Patung Barack Obama di Taman Menteng'. Grup ini mempertanyakan jasa Obama bagi bangsa Indonesia sehingga perlu ada monumen di Taman Menteng. "Apa visi dari pembangunan monumen Barack Obama? Adakah manfaatnya bagi masyarakat?" tanya grup yang diinisiasi oleh Heru Nugroho dan Daniel Rudi ini. Grup ini menilai bahwa keberadaan patung Obama di Taman Menteng ini menginjak-injak kedaulatan bangsa Indonesia. Penggagas grup ini bahkan berniat untuk melakukan class action jika ajakan dialognya tidak diacuhkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan DPRD. Belum ada titik terang apakah gerakan ini akan membuahkan hasil seperti yang diinginkan kelompok tersebut.

6.   Setelah calon rektor Unhas saling klaim di media cetak, kini calon rektor Unhas periode 2010-2014 beralih ke media maya. Melalui blog jaringan pertemanan atau biasa dikenal dengan Facebook, dua calon rektor yakni Prof Dr Ir H Muh Saleh Pallu M.Eng dan Prof Dr dr Idrus Paturusi Phd mencari dukungan.Tim Idrus Paturusi pun mengumpulkan dukungan dengan cara membuat halaman khusus di Facebook. Sementara, Saleh pallu mencari dukungan dengan membuat grup bagi pendukungnya. Halaman Idrus Paturusi For Rector itu telah dikomentari banyak penggemar. Bahkan jumlah penggemarnya (fans) berjumlah 1.007 orang. Sementara itu, grup Saleh Pallu di Facebook juga tak mau kalah. Anggota yang bergabung di grup guru besar fakultas Teknik Unhas ini berjumlah 1.041 anggota. Berbeda dengan halaman Idrus, grup Saleh Pallu sangat terupdate. Di sana terdapat visi misi Saleh Pallu.

            Di Indonesia tren memberi dukungan melalui dunia maya sebenarnya sudah lama muncul sejak internet masuk pada awal tahun 90an. Mulanya lewat Milist (Mailing list), blog, dan sekarang situs pertemanan facebook, ini artinya aktivitas dukungan online telah mengalami proses evolusi. Memperoleh dukungan sosial melalui facebook memang lebih efektif murah dan bisa memiliki dampak luas. Namun tentang kualitas dukungan sosial via internet, secara kuantitas dukungan sosial itu memang nyata, tetapi dengan kualitasnya mungkin orang orang yang ikut dalam dukungan sosial tersebut hanya terbawa arus atau ikut ikutan.
Kemudahan menggunakan Facebook mungkin jadi salah satu faktor, mengapa dukungan melalui Facebook menjadi begitu populer. Penggunaan facebook sebagai cara untuk mendapatkan dukungan sosial menurut saya sah-sah saja asal tujuannya baik dan tidak merugikan orang lain sepeti misalnya, dukungan pada Prita Mulyasari yang diperlakukan tidak adil di depan hukum dan koin cinta untuk Bilqis anak yang membutuhkan dana besar untuk operasi transpalansi. Karena saat ini juga banyak yang memanfaatkan facebook untuk hal-hal yang tidak baik. Belakangan diketahui bahwa para teroris merekrut dan bertukar informasi dengan anggotanya melalui facebook. Berbagai sumber mengatakan bahwa gembong teroris paling populer sedunia, Al-Qaeda menggunakan Facebok sebagai sarana memperluas jaringannya. Hal ini tentunya sangat disayangkan mengingat sedemikian besarnya kerugian yang ditimbulkan oleh suatu tindak Terorisme, serta dampak yang dirasakan secara langsung oleh Indonesia sebagai akibat dari Tragedi di Bali, bom di JW Marriot dan hotel Ritz Carlon yang banyak menewaskan orang-orang yang tidak bersalah. Dan kesemuaanya itu tergantung bagaimana masyarakat menanggapi fenomena Facebook tersebut. Harapan saya facebook dapat digunakan dan dimanfaatkan sebagaimana mestinya bukan untuk hal-hal yang tidak baik seperti penculikan yang banyak diberitakan bahwa anaknya hilang setelah berkealan dengan seseorang melalui Facebook. Semoga masyarakat dapat dengan cerdas memanfaatkan kemajuan teknlogi komunikasi sehingga dapat dimanfaatkan dengan sebesar-besarnya dan sebagaimana mestinya.
Seiring perkembangannya yang sangat cepat dan pemakainya atau penggunannya juga semakin bertambah dari hari kehari, Situs ini menjadi banyak digunakan oleh penggunanya bukan hanya untuk menjalin pertemanan dan sebagai hiburan semata, namun pada kenyataannya facebook digunakan untuk berbagai macam tujuan oleh penggunanya. Ada yang memakainya untuk sebagai salah satu media komunikasi massa sebagai media promosi iklan untuk memperkenalkan barang-barang yang ingin dijual melalui situs ini kepada para penggunanya. Selain digunakan sebagai media promosi iklan dan bisnis facebook ini juga banyak digunakan oleh penggunanya untuk mendapatkan dukungan sosial. Dukungan sosial adalah dukungan yang didapatkan dari masyarakat dan dalam konteks kali ini dukungan sosialnya dari masyarakat maya yang tergabung dalam facebook. Penggunaan facebook sebagai cara mendapatkan dukungan sosial banyak sekali kita temukan dalam facebook. Misalnya banyak orang yang mengundang kita melalui FB untuk bergabung kedalam kelompok sosial yang dia bentuk dengan menggunakan facebook ini dan tujuannya untuk mendapatkan dukungan kita bergabung kedalam kelompok tersebut. Salah satu contoh  untuk bergabung kedalam kelompok “mendukung adanya pengadaan fasilitas pengubah warna dan model layout difacebook”, dilihat dari bentuk undangannya saja sudah dapat kita simpulkan bahwa maksud dari undangan ini agar mendapatkan dukungan dengan bergabungnya banyak orang kedalam kelompok tersebut. Hal ini sebagai salah satu contoh dari penggunaan facebook sebagai cara mendapatkan dukungan sosial. 
Tidak dapat dipungkiri lagi facebook adalah situs jejaring sosial memang bagian dari komunikasi massa yang sangat popular. hal ini sangat wajar karena dari facebook kita bisa menjalin komunikasi dengan banyak orang diberbagai belahan dunia. Facebook sebagai sebuah situs jejaring sosial yang banyak digunakan untuk ‘mendapatkan dukungan sosial’ yang merupakan sebuah wujud dari perkembangan kreativitas para penggunanya.
Banyak definisi dari para ahli komunikasi tentang apa itu Komunikasi Massa. Komunikasi Massa atau Mass communication adalah sebuah proses komunikasi yaitu suatu proses penyampaian pesan yang penyampaiannya atau dikomunikasikannya melalui Media Massa dalam sejumlah orang banyak. Kaitan dengan komunikasi massa, kegunaan facebook sebagai situs jejaring sosial yang dapat menyampaikan pesan kepada banyak orang dan  situs jejaring sosial ini terdapat didalam internet yang juga sebagai media komunikasi massa. Penggunaan jejaring sosial facebook dengan tujuan medapatkan dukungan sosial atau massa dalam ilmu komunikasi, banyak kita temukan didalam keseharian dalam menggunakan jejaring sosial ini, seperti contoh  suatu hal yang berupa ajakan untuk turut memberikan dukungan dengan berbagai macam maksud dengan tujuan mendapatkan dukungan sosial dari pengguna facebook. Facebook  digunakan untuk mendapatkan dukungan sosial, dan hal ini adalah sebuah perkembangan. kreativitas dari para penggunanya.
Nilai dari kreativitas tidak terbatas. Dalam konteks dukungan sosial yang didapatkan dari penggunaan jejaring sosial facebook sebagai medianya, hal ini dianggap sebagai sebuah perkembangan kreativitas dari para pengguna Facebook. Perkembangan kreativitas serta hal yang sifatnya memaksimalkan sesuatu yang ada didepan mata kita seperti jejaring sosial ini.

Pendapat kami menyatakan bahwa penggunaan facebook untuk mendapatkan dukungan sosial yang merupakan bagian dari media komunikasi massa adalah sebuah perkembangan kreativitas para penggunanya. Tentunya pandangan saya ini bukan tanpa alasan, alasannya adalah terbukti jika pengguna facebook tidak hanya menggunakan jejaring sosal hanya untuk kesenangan, chatting, mendapatkan teman dari dunia maya, ataupun hal-hal yang saya anggap tidak begitu penting dengan memaksimalkan kekuatan jejaring sosial ini, dari sudut kekuatan komunikasi massa yang besar didalamnya, dan digunakan untuk mendapatkan sebuah dukungan sosial dengan berbagai macam tujuan didalamnya, seperti mempersuasi, menyamakan persepsi, dan banyak lagi. Inilah arti sebuah perkembangan kreativitas dari penggunaan jejaring sosial semacam facebook ini yang saya maksud, dan merupakan alasan utama kenapa saya berpendapat bahwa penggunaan facebook untuk mendapatkan dukungan sosial adalah sebuah perkembangan kreativitas.
         Pada kasus artis cantik Luna Maya dengan Infotainment beberapa waktu lalu, banyak menimbulkan perdebatan. Sisi para fans fanatik Luna yang ingin memberikan dukungan sosial yang bersifat dukungan moral kepada idolanya. Coba kita bayangkan jika para fans ini secara serentak ingin memberikan dukungannya dengan mengirimkan surat atau bahkan datang langsung menemui Luna, hal ini terlalu merepotkan dan banyak memakan biaya, meskipun kemungkinan ada fans yang melakukan hal seperti ini, Namun sesuatu tindakan yang merupakan kreatifitas dari beberapa fans fanatik Luna yang membuat grup ataupun gerakan melalui facebook yang bertujuan mendapatkan dukungan dan ditag kesemua teman yang terdapat difacebook yang semua pengguna facebook dapat melihat dan semua fans luna yang juga pengguna jejaring sosial ini dapat memberikan dukungannya dengan mengikuti atau bergabung dengan grup tersebut. Terbukti dari beberapa grup yang dibuat untuk mendukung Luna secara moral, mendapatkan banyak apresiasi dari para fans luna yang menggunakan FB dan para pengguna lain dari jejaring sosial ini. Gerakan seperti para fans Luna inilah hal yang saya maksud dengan penggunaan facebook untuk medapatkan dukungan sosial merupakan suatu perkembangan kreatifitas penggunanya.
Facebook merupakan bagian dari komunikasi massa dan jika kita adalah penggunanya, kita harus memaksimalkan segala sesuatu yang bisa kita perbuat untuk tujuan yang baik untuk kita dan orang lain, seperti sebagai media untuk mendapatkan dukungan sosial dan dukungan moral untuk orang lain bahkan untuk kita sendiri.


=======================================================================

Universitas Pembangunan  'veteran' Yogyakarta
Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik
Jurusan Ilmu Komunikasi

- Nirwan Pratama
- Hanum Fauzia
- Radint Pradipta
- Rini Sundari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar