Senin, 25 Juni 2012

Aplikasi Teknologi Komunikasi Secara Umum

APLIKASI TEKNOLOGI KOMUNIKASI

Pengertian Aplikasi
Aplikasi menurut Jogiyanto (1999:12), adalah penggunaan dalam suatu komputer,instruksi(instructiom) atau pernyataan(statement) yang disusun sedemikian rupa sehingga komputer dapat memproses input menjadi output . Menurut KamusKamus Besar Bahasa Indonesia (1998 : 52), “Aplikasi adalah penerapan dari rancang sistem untuk mengolah data yang menggunakan aturan  atau ketentuan bahasa pemprograman tertentu”. Aplikasi adalah suatu program komputer yang dibuat untuk mengerjakan dan melaksanakan tugas khusus dari pengguna. Aplikasi merupakan rangkaian kegiatan atau perintah untuk dieksekusi oleh komputer. Program merupakan kumpulan instruction set yang akan dijalankan oleh pemproses, yaitu berupa software. Bagaimana sebuah sistem komputer berpikir diatur oleh program ini. Program inilah yang mengendalikan semua aktifitas yang ada pada  pemproses. Program berisi konstruksi logika yang dibuat oleh manusia, dan sudah diterjemahkan ke dalam bahasa mesin sesuai dengan format yang ada pada instruction set. Program aplikasi merupakan program siap pakai. Program yang direka untuk melaksanakan suatu fungsi bagi pengguna atau aplikasi yang lain. Contoh-contoh aplikasi ialah program pemproses kata dan Web Browser. Aplikasi akan menggunakan sistem operasi (OS) komputer dan aplikasi yang lainnya yang mendukung. Istilah ini mulai perlahan masuk ke dalam istilah Teknologi Informasi semenjak tahun 1993, yang biasanya juga disingkat dengan app. Secara historis, aplikasi adalahsoftware yang dikembangkan oleh sebuah perusahaan. App adalah sofware yang dibeliperusahaan dari tempat pembuatnya. Industri PC tampaknya menciptakan istilah ini untuk merefleksikan medan pertempuran persaingan yang baru, yang paralel dengan yangterjadi antar sistem operasi yang dimunculkan.

APLIKASI IKLAN, PEMASARAN, DAN PR

Teknologi sebagai Alat Public Relation (PR)
Dengan adanya teknologi, strategi PRbisa menjadi lebih efektif dan efisien. Dahulu, cara dan alat yang digunakan antara lain:pemberiam news release, pitch letters, dan press kits. Didukung dengan adanya poster,brosur, foto, dsb.Komputer sekarang sangat memungkinkan pembuatan alat PR yanglebih canggih, antara lain:

Video News Release (VNRs)
TV siap siar yang menyajikan cerita nmengenai berita-berita terkini, tidak dipungutbiaya ketika digunakan selama disiarkan itu. Ini ekuivalen dengan news release yangdicetak dan kemudian dibagikan kepada jurnalis dan editor. Cara seperti ini sebenarnyabisa sangat efisien, bahkan hasilnya sama dengan iklan di mana perusahaan harusmembayar untuk mendapat perhatian yang sama dari khalayak. Seharusnya tidak lebihdari 90 detik sampai 2 menit. Terdiri dari wawancara soundbite, voice over, dan suarareporter. Semakin singkat, maka semakin besar kemungkinan akan ditayangkan secara keseluruhan. VNRs didistribusikan lewat satelit, tape, dan juga internet dengantransmisi digital.

Edited B-Roll (Outtake)
Ini adalah salah satu bentuk dari VNRs. Merupakan paket 3-5 menit yang merupakanvideo footage yang belum diedit, bersama dengan naskah yang dicetak (‘slates’ ) untukmembantu editing. Didistribusikan di stasiun TV sama dengan VNRs.

Webcasts
Bentuk produksi siaran yang menggabungkan audio dan video. Biasanya digunanakanuntuk konferensi pers secara langsung atau acara apa pun. Sasaran dapatmenyaksikannya lewat desktop mereka. Mereka bisa melakukan wawancara jikamereka menjadi bagian dari paket tersebut. Teknologi ini juga digunakan untukpermintaan‘on-demand’, sehingga bisa disaksikan oleh khalayak yang tidak bisamenyaksikan di saat bnar-benar ditayangkan atau bila informasi yang ada maudigunakan untuk keperluan lain di lain waktu.

Satellite media Tours (SMTs)
Memungkinkan pembicara dari perusahaan yang telah ditunjuk untuk diwawancaraidalam acara TV di berbagai negara selama 3-4 jam. Dahulu mereka harus bepergiandari satu kota ke kota lain untuk melakukan wawancaraa. Dengan teknologi ini, merekahanya membutuhkan beberapa jam untuk di wawancara, dan khalayak bisamenyaksikan secara langsung pada saat itu juga melalui chanel TV. Wawancara yangdisiarkan hanya sekitar 2-3 menit. Selain efisiensi, kunci SMTs adalah lebih besar kontrol yang bisa dilakukan untuk pesan tersebut.

E-SMTs
Sama dengan poin sebelumnya, namun ini menggunakan teknologi internet, hanyasedikit menggunakan satelit namun banyak menggunakan komputer.

Interactive News Releases
Dikirimkan melalui e-mail atau dipost lewat website untuk memberikan gambaran umumatau dalam area yang hanya boleh dimasuki oleh pers dengan password tertentu.

Electronic Press-kits (E-Kits)
 Bentuk press kits yang menggunakan internet dan bukan dicetak seperti caratradisional. Ada pula CD-ROMs yang berisi informasi, seperti news release, foto produk,dsb. Kelebihannya adalah informasi dapat diperbarui dengan cepat.

Blogs atau web logs
Menyebarkan berita, rumors, opini secara cepat. Dengan melihatini, public relations bisa melihat, apa saja isu yang beredar mengenai produk tersebut,yang mungkin mempengaruhi klien mereka.

Online Advocacy System
Mengatur kampanye yang melibatkan berbagai pihak (pekerja, investor, dan pemegangsaham lainnya) untuk mempromosikan kepentingan mereka. Teknologi inimemungkinkan aplikasi inovatif isu dan taktik legislatif hingga hubungan tradsionalkomunitas. Cara yang dilakukan adalah mempekerjakan beberapa sukarelawan yangdilatih untuk brtindak sesuai dengan apa yang perlu. Contoh: untuk bisamengoperasikan halaman web, dan seminar online, mereka harus dilatih untuk bisaberbicara dengan media.

Online Media Database
Berisi informasi ribuan reporter dan editor di USA dan berbagai belahandunia.Database ini digunakan untuk mencari rekaman data pribadi individu. Jurnalisbisa menggunakan informasi ini untuk mencari orang-orang yang bisa memberiinformasi tepat untuk cerita yang sedang jurnalis buat.

Online Tracking dan Monitoring System
Membantu PR untuk melacak apa yang dikatakan media, kompetitor, dan pelanggan,mengenai klien PR tersebut. Caranya adalah dengan mengumpulkan berbagai klipberita dan artikel feature sebagai bukti nyata keberhasilan perusahaan tersebut.

E-mail 
menjadi metode yang sangat dipilih untuk memberikan ‘pitch’ letters kepada perssecara satu per satu. Ini digunakan untuk mendistribusikan news release. Namun tidaksemua jurnalis menginginkannya. Mereka lebih memilih bukti materi yangkeberadaannya nyata. Lagipula ketakutan akan banyaknya virus komputer yang adadalam attachment semakin membuat mereka tidak suka.Inovasi teknologi lain adalah dengan menggunakan Instant   Messenger (IM). Dengan ini PR dan media bisaberkomunikasi langsung ketika kedua pihak sedang online.Kebanyakan perusahaanmemiliki ruang pers di website mereka. Ini sangat memudahkan para jurnalis untuk akses pengumuman terbaru dan mencari staf yang bisa dimintai informasi atau pendapat.

Teknologi untuk Periklanan
Perkembangan terakhir periklananantara lain: lewat blogs (ruang chat dalam bentuke-letters), intermercials (iklan yangmuncul sebelum terkoneksi dengan internet), dan buttons (miniatur banner ads). Dengan internet, iklan bisa mencapai khalayak yang beragam dan dengandemikian lebih efektif. Yang paling menarik dari internet adalah kemampuaninteraktifnya. Tidak seperti media tradisional yang sangat kaku dan pasti. Sifat internetadalah responsif dan sumber data yang fleksibel karena adanya pertukaran informasidua arah. Dengan internet juga perusahaan bisa melakukan strategi ‘reminder service’ mengenai ulang tahun pelanggan, sehingga perusahaan bisa memilikihubungan yang lebih akrab dengan pelanggan.Strategi yang digunakan salah satunya adalah viral marketing. Dengan ini, pihak marketing memancing adanya diskusimengenai suatu produk di kalangan pelanggan, sehingga bisa menjadi diskusi produkyang distimulasi. Sehingga diharapkan produkbisa tersebar dengan cepat. Internetdipilih karena berdasarkan survey, pengguna internet semakin meningkat, terutama darikalangan remaja (12-17 tahun). Pengiklan bisa mencapai pelanggan dengan sangatefisien melalui sistem online dan jaringan.Strategi selain itu adalah dengan membangunhubungan yang baik antara pelanggan dan produk yang diiklankan.

Database marketing , memungkinkan strategi ini dapat dilaksanakan dalamskala yang besar. Contohnya: Penggunaan data bisa dimulai dari pasar swalayandengan mendata barang apa yang dibeli dan diminati pelanggan A. Perusahaandengan produk sejenisnya akan mengiklankan produk tersebut sehingga membuatpelanggan aware akan keberadaan produk. Proses pengumpulan data disebut datamining yang mengkompilasi dan menganalisis data dengan tujuan untuk memperbarui strategi pemasaran strategis yang melibatkan pelanggan. Sedapat mungkin, pengiklan melakukan permission marketing. Artinya iklan yang disampaikan disambut olehpelanggan dan bukan malah ditolak. Penjual dan pelanggan E-commerce harus membuat hubungan yang saling menguntungkan satu sama lain melalui internet.

E- Commerce
Ini merupakan istilah untuk transaksi jual beli lewat internet. Cara inidilakukan mengingat semakin bertambahnya jumlah browser  atau surfer internet. Spamdi lain pihak merupakan iklan yang tidak diinginkan oleh pengguna internet. Spammerupakan pesan yang dikirimkan ke ribuan pengguna internet sekaligus yang tidakdiketahui sebelumnya. Oleh karena itu perlu dilakukan regulasi untuk spam ini.Medialain yang digunakan untuk iklan antara lain – Internet telephony yangmemungkinkan komunikasi interaktif di mana saja, kapansaja.- Keberadaan Digital Video Recorders (DVRs) memberi efek yang signifikanterhadap strategi pengiklan. Teknologi ini memberikan kebebasan kepada pelangganuntuk memilih apa yang ingin mereka tonton dan bisa jadi digunakan untukmempercepat iklan TV. Oleh karena itu strategi yang muncul adalah advertainment.Untuk bisa bertahan dengan baik, produk juga harus memperhatikan product  placement, yaitu produk dituliskan dalam bentuk naskahprogram.- Bentuk tertua dari periklanan adalah Digital Imaging Technology (DIT). Iklan seperti ini dibuat dengan cara memberikan tanda dalam stadium atautembok suatu arena yang tidak terlihat di luar layar TV. Iklan virtual seerti ini sangatefisien dan bisa diganti secara cepat.
Secara sederhana istilah ini digunakan untuk menunjukkan pembelian dan penjualan menggunakan teknologi internet.Tetapi istilah ecommerce itu sendiri bukan hanya sekedar transaksi keuangan secara elektronik melalui organisasi dan pelanggan saja melainkan juga merujuk pada semua mediasi transaksi secara elektronik antara organisasi dan pihak ketiga. Jadi dengan definisi ini permintaan pelanggan berupa informasi juga bisa disebut sebagai bagian dari ecommerce.
E Commerce dan E Bisnis adalah dua hal yang sama sekali berbeda namun sayangnya kebanyakan dari kita selalu menukar penggunaannya. Alasan di balik penggunaan yang salah ini terletak pada arti dari “bisnis” dan “commerce” dalam bahasa Inggris. Tetapi terdapat perbedaan antara e-commerce dan e-bisnis.
Menurut Kalakota dan Whinston, 1997, ecommerce bisa dilihat dari beberapa perspektif sebagai berikut :
  • · Perspektif komunikasi, penyebaran/pengiriman informasi, produk/layanan atau pembayaran secara elektronik
  • · Perspektif proses bisnis, Aplikasi teknologi menuju transaksi bisnis secara otomatic dan alurkerja
  • · Perspektif layanan, mampu melakukan pemangkasan biaya dan dalam waktu yang sama meningkatkan kecepatan layanan dan kualitas
  • · Perspektif online,pembelian dan penjualan produk dan informasi secara online
Perbedaan antara keduanya adalah sebagai berikut:
1. Kegiatan yang pada dasarnya melibatkan transaksi keuangan diistilahkan sebagai “e commerce”. Namun, e bisnis adalah istilah yang lebih luas. Ada banyak hal-hal lain selain menjual, meski pemasaran termasuk didalamnya, termasuk pengadaan bahan baku atau barang, pelanggan pendidikan, mencari supplier dan lain sebagainya.
2. E Commerce adalah bagian dari E Bisnis. Jika Anda mengingat diagram Venn ketika belajar di sekolah, maka anda dapat dengan baik memahami apa saya sampaikan. Bagian yang satu adalah konsep yang sangat luas, sedangkan satunya hanyalah satu bagian kecil dari itu. Hubungan ini akan dihapus pada poin berikutnya.
3. Untuk berjualan secara online adalah e-commerce, namun untuk membawa dan mempertahankan pelanggan dan mendidik secara online tentang produk atau layanan termasuk e bisnis. Memiliki sebuah website untuk melakukan hal itu tidaklah cukup.
4. Tapi, membuat situs profesional yang dibangun dengan teknologi terbaru untuk menangkap perhatian pengunjung dan memenangkan apresiasi, maka itulah yang diperlukan. Bila uang yang terlibat, maka hal pertama yang pengguna cari adalah keselamatan dan keamanan yang menggunakan uang. Memiliki sebuah website dengan kualitas yang baik sangatlah penting.
5. Ketika Dell menjual komputer, laptop, monitor, printer, aksesoris dan lain sebagainya secara online, maka ini bukan lagi e commerce tetapi e bisnis. mengapa saya katakan demikian. Bila pengunjung datang pada website, hal pertama yang ia lakukan adalah melihat desain website dan melakukan navigasi, serta hal-hal yang akan membantu dia menemukan apa yang dia inginkan. Dan, jika ia langsung menemukan pada halaman ia cari, ia akan mencari informasi yang berkaitan dengannya. Informasi yang diberikan harus menarik dan menghilangkan keraguan bagi pengunjung, yang mengubahknya menjadi seorang klien. Hingga saat ini tidak ada uang yang telah ditukarkan atau diperbincangkan. Jadi, apakah ini adalah e-commerce? Bukan, ini adalah e bisnis yang memandu para pengunjung.
6. E Commerce juga telah ditetapkan sebagai proses yang meliputi menarik pelanggan, pemasok dan mitra eksternal, sementara e bisnis meliputi internal seperti proses produksi, manajemen inventaris, pengembangan produk, manajemen risiko, keuangan dan lain sebagainya. Secara keseluruhan, e commerce dapat digambarkan sebagai penggunaan internet dan Web untuk transaksi bisnis. Lebih formalnya, secara digital memungkinkan terjadinya transaksi komersial antara organisasi dan individu. Di sisi lain, e bisnis dapat digambarkan sebagai proses digital yang memungkinkan proses transaksi dalam perusahaan, melibatkan sistem informasi di bawah kontrol yang kuat. Selain itu, aplikasi e bisnis bisa turun menjadi e commerce ketika sebuah pertukaran nilai terjadi

Dalam perkembangan perangkat telekomunikasi tentunya kita sering mendengar kata wireless, wireless merupakan penghubung dua perangkat yang tidak mengunakan media kabel (nirkabel) teknologi wireless merupakan teknologi tanpa kabel, dalam melakukan hubungan telekomunikasi tidak lagi mengunakan media atau sarana kabel tetapi dengan menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai pengganti kabel.

Pada saat ini perkembangan teknologi wireless tumbuh dan berkembang dengan pesat, dimana setiap saat kita selalu membutuhkan sarana telokominikasi, hal ini dapat terbukti dengan semakin banyaknya pemakaian telepon selular. Alasan mengapa teknologi wireless semakin berkembang adalah karena kebutuhan sumber daya yang semakin meningkat. Salah satu teknologi wireless yang berkembang saat ini adalah Bluetooth. Teknologi BlueTooth ini merupakan modifikasi dari Frekuensi Radio, berbeda dengan Infra Red yang menggunakan medium cahaya.

Nama Bluetooth berasal dari nama seorang raja yaitu Harald Blåtand (ditranslasikan dalam bahasa Inggris sebagai Bluetooth), yang hidup pada pertengahan abad ke sepuluh. Harald Blåtand menyatukan dan mengendalikan Denmark dan Norwegia. Hal tersebut menjadikan inspirasi untuk menamakan peralatan yang terhubung secara bersama-sama menjadi Bluetooth.

Bluetooth adalah suatu teknologi baru yang mulai dikenal dan digunakan. Teknologi ini memberikan perubahan yang signifikan terhadap peralatan elektronik yang kita gunakan. Jika kita melihat sekeliling kita dimana keyboard dihubungkan pada komputer. Demikian juga halnya dengan printer, mouse, monitor dan lain sebagainya. Semua peralatan itu dihubungkan dengan menggunakan kabel. Akibatnya terjadi masalah banyak kabel yang dibutuhkan di kantor, rumah atau tempat-tempat lainnya. Masalah lain yang ditemui adalah bagaimana menelusuri kabel-kabel yang terpasang jika ada suatu kesalahan atau kerusakan. Bluetooth memperbaiki penggunaan teknologi kabel yang cenderung menyulitkan ini dengan cara menghubungkan beberapa peralatan tanpa menggunakan kabel.

Bluetooth merupakan chip radio yang dimasukkan ke dalam komputer, printer, handphone dan sebagainya. Chip bluetooth ini dirancang untuk menggantikan kabel. Informasi yang biasanya dibawa oleh kabel dengan bluetooth ditrasmisikan pada frekuensi tertentu kemudian diterima oleh chip bluetooth kemudian informasi tersebut diterima oleh komputer, handphone dan sebagainya. Jika kita bisa mentransmisikan data dari komputer ke printer mengapa tidak bisa mentransmisikan dari HP ke printer atau dari printer ke printer lainnya.

BlueTooth ini merupakan teknologi wireless standard pada ponsel yang berfungsi untuk pertukaran data dari jarak dekat menggunakan frekuensi radio sebesar 2,4Ghz unlicensed ISM (Industrial, Scientific and Medical) dengan menggunakan sebuah frequency hopping tranceiver yang mampu menyediakan layanan komunikasi data dan suara secara real-time antara host-host bluetooth dengan jarak jangkauan layanan yang terbatas. Bluetooth sendiri dapat berupa card yang bentuk dan fungsinya hampir sama dengan card yang digunakan untuk wireless local area network (WLAN) dimana menggunakan frekuensi radio standar IEEE 802.11, hanya saja pada bluetooth mempunyai jangkauan jarak layanan yang lebih pendek dan kemampuan transfer data yang lebih rendah.

Pada dasarnya bluetooth diciptakan bukan hanya menggantikan atau menghilangkan penggunaan kabel didalam melakukan pertukaran informasi, tetapi juga mampu menawarkan fitur yang baik untuk teknologi mobile wireless dengan biaya yang relatif rendah, konsumsi daya yang rendah, interoperability yang menjanjikan, mudah dalam pengoperasian dan mampu menyediakan layanan yang bermacam-macam.

Bluetooth menggunakan salah satu dari dua jenis frekuensi Spread Specturm Radio yang digunakan untuk kebutuhan wireless. Jenis frekuensi yang digunakan adalah Frequency Hopping Spread Spedtrum (FHSS), sedangkan yang satu lagi yaitu Direct Sequence Spread Spectrum (DSSS) digunakan oleh IEEE802.11xxx. Transceiver yang digunakan oleh Bluetooth bekerja pada frekuensi 2,4 GHz unlicensed ISM (Industrial, Scientific, and Medical).

Secara lebih rinci, Bluetooth merupakan nama yang diberikan untuk teknologi baru dengan menggunakan short-range radio links untuk menggantikan koneksi kabel portable atau alat elektronik yang sudah pasti. Tujuannya adalah mengu- rangi kompleksitas, power serta biaya. Bluetooth  iimplementasikan pada tempat-tempat yang tidak mendukung sistem wireless seperti di rumah atau di jalan untuk membentuk Personal Area Networking (PAN), yaitu peralatan yang digunakan secara bersama-sama. Ada tiga belas aplikasi spesifik dari bluetooth:
1. Generic Access: prosedur untuk link management yang menyediakan jalan untuk membangun dan memelihara secure link antara master dan slave.
2. Service Discovery: protocol untuk mengetahui servis yang disediakan.
3. Serial Port: penggantian untuk kabel serial port.
4. Generic object exchange: menetapkan hubungan client-server untuk object movement.
5. LAN access: protocol antara mobile computer dan fixed LAN.
6. Dial-up networking: mengijinkan komputer atau notebook untuk dial/call via mobile phone.
7. Fax: mengijinkan mobile fax untuk berbicara lewat mobile phone.
8. Cordless telephony: menghubungkan handset dengan local base station.
9. Intercom: digital walkie-talkie.
10. Headset: mengijinkan hands-free voice communication.
11. Object push: menyediakan jalan untuk pertukaran simple objects.
12. File Transfer: menyediakan fasilitas transfer file secara lebih general.
13. Synchronization: mengijinkan PDA untuk sinkronisasi dengan komputer lain.

 Aplikasi dan Layanan

Protokol bluetooth menggunakan sebuah kombinasi antara circuit switching dan packet switching. Bluetooth dapat mendukung sebuah kanal data asinkron, tiga kanal suara sinkron simultan atau sebuah kanal dimana secara bersamaan mendukung layanan data asinkron dan suara sinkron. Setiap kanal suara mendukung sebuah kanal suara sinkron 64 kb/s. Kanal asinkron dapat mendukung kecepatan maksimal 723,2 kb/s asimetris, dimana untuk arah sebaliknya dapat mendukung sampai dengan kecepatan 57,6 kb/s. Sedangkan untuk mode simetris dapat mendukung sampai dengan kecepatan 433,9 kb/s.

Sebuah perangkat yang memiliki teknologi wireless bluetooth akan mempunyai kemampuan untuk melakukan pertukaran informasi dengan jarak jangkauan sampai dengan 10 meter (~30 feet), bahkan untuk daya kelas 1 bisa sampai pada jarak 100 meter. Sistem bluetooth menyediakan layanan komunikasi point to point maupun komunikasi point to multipoint. Produk bluetooth dapat berupa PC card atau USB adapter yang dimasukkan ke dalam perangkat. Perangkat-perangkat yang dapat diintegerasikan dengan teknologi bluetooth antara lain : mobile PC, mobile phone, PDA (Personal Digital Assistant), headset, kamera digital, printer, router dan masih banyak peralatan lainnya. Aplikasiaplikasi yang dapat disediakan oleh layanan bluetooth ini antara lain : PC to PC file transfer, PC to PC file synch (notebook to desktop), PC to mobile phone, PC to PDA, wireless headset, LAN connection via ethernet access point dan sebagainya. Contoh modul aplikasi beberapa peralatan yang kemungkinan dapat menggunakan teknologi bluetooth dapat dilihat seperti Gambar 16.1 di bawah ini.



Dalam transceiver bluetooth ada tiga kelas pembagian daya yaitu :
1. Daya kelas 1 beroperasi antara 100 mW (20dBm) dan 1mW (0dBm) dan didesain untuk peralatan dengan jangkauan yang jauh hingga 100m.
2. Daya kelas 2 beroperasi antara 2,5 mW (4dBm) dan 0,25mW (-6dBm) dan didesain untukperalatan dengan jangkauan yang jauh hingga 10m.
3. Daya kelas 3 beroperasi pada 1 mW (0dBm) dan didesain untuk peralatan dengan jangkauan pendek atau sekitar 1m.

Bluetooth telah berhasil memudahkan koneksi antar beberapa alat dari berbagai vendor tanpa kabel dengan tenaga yang kecil serta biaya yang ringan. Dengan bluetooth dapat dibentuk sebuah jaringan kecil atau Piconet yang terdiri dari beberapa peralatan dan sekali lagi, tanpa memerlukankabel. Dengan Bluetooth, berbagai peralatan dari berbagai vendor dapat terhung tanpa kabel membentuk personal area network.

Source:
http://riyandari.blogspot.com/2011/10/aplikasi-teknologi-bluetooth-untuk.html


=======================================================================
Universitas Pembangunan  'veteran' Yogyakarta
Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik
Jurusan Ilmu Komunikasi

- Nirwan Pratama
- Hanum Fauzia
- Radint Pradipta
- Rini Sundari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar